13 July 2012

Misteri Kappa Makhluk Mitologi Dari Jepang


Bentuknya mirip setan kecil, sering juga disebut monyet air. Seekor Kappa memiliki lekukan di atas kepalanya dan lekukan itu dipenuhi air dari mata air asli. Jika air tersebut tumpah, kekuatan magisnya hilang. Kappa biasanya minum darah tapi itu tergantung apakah dia baik atau jahat. Kappa suka mentimun dan apabila ada keluarga yang ingin dilindungi Kappa atau menghindari kesialan, mereka biasanya menulis nama mereka di mentimun dan melemparnya di kolam Kappa. Makhluk ini dikenal sopan dan selalu menepati janji. Yang aneh dalam cerita Kappa di cerita rakyat Jepang adalah banyaknya versi Kappa yang berbeda. Ada Kappa bermata satu, Kappa berbulu, Kappa penakut, Kappa pendaki gunung dan bahkan pesta Kappa.Makhluk ini juga disebut memiliki bau seperti ikan dan membenci suara keras dan benda logam. Habitat utama Kappa tersebar di wilayah Kyushu dan sungai Sarugaishi di Honshu.



Satu ciri yang unik dari Kappa adalah adanya sebuah rongga tanpa tutup di atas kepalanya. Rongga bulat ini berisi air yang menjadi sumber kekuatan Kappa. Jadi jika suatu hari anda bertengkar dengan Kappa, sebelum bertarung, berilah hormat terlebih dahulu dengan cara membungkukkan badan. Kappa yang disebut sebagai makhluk yang memiliki tata krama akan segera membalas dengan membungkukkan badannya juga. Dengan demikian cairan di kepalanya akan tumpah dan kekuatannya akan hilang. Hal ini akan memaksa ia mengundurkan diri dari pertarungan.


Walaupun memiliki ukuran seperti anak kecil, Kappa disebut memiliki kekuatan yang besar. Ia berani menyerang seekor kuda dan mampu menarik mangsanya yang bertubuh lebih besar ke dalam air. Menurut berbagai legenda, Kappa mendapatkan kekuatannya dengan meminum darah dan menyantap isi perut mangsanya. Walau kadang dideskripsikan sebagai makhluk yang jahat, namun banyak legenda menceritakan mengenai Kappa sebagai makhluk yang baik dan pandai mengobati. Jika ia tertangkap dan diminta untuk berjanji agar tidak mengganggu penduduk lagi, ia pasti akan menepati janjinya.


Pertama kali kisah Kappa muncul pada catatan kuno Nihon Shoki yang berasal dari tahun 720 masehi. Di dokumen itu, Kappa disebut "Kawa no Kami". Pada periode Edo, Ilustrasi mengenai Kappa muncul dalam antologi-antologi dan lukisan. Pada tahun 1910, Kappa mulai mendapat popularitasnya setelah sebuah kisah yang berjudul Tono Monogatari terbit. Dalam kisah itu diceritakan mengenai beberapa makhluk legenda termasuk Kappa.


Sumber: Misteri Kappa Makhluk Mitologi Dari Jepang - Yafi Blog http://yafi20.blogspot.com/2012/06/misteri-kappa-makhluk-mitologi-dari.html#ixzz20UYtkinj
To Be Continued

15 Mata Kuliah Terunik Di AS


Di Amerika Serikat (AS), beberapa kampus mengembangkan mata kuliah unik dengan latar belakang fenomena sosial yang tengah berkembang di masyarakat. Sebut saja mata kuliah tentang Harry Potter di Appalachian State University, atau mata kuliah tentang Lady Gaga di University of South Carolina.


Ada juga kampus-kampus yang menyediakan mata kuliah unik seperti kelas Zombie di Columbia College, atau mata kuliah tentang bersuka cita bersama sampah di Santa Clara University.



Berbagai mata kuliah unik ini menunjukkan kreativitas para dosen dalam menerjemahkan fenomena sosial ke dalam pembahasan akademik yang menarik. College Times melansir daftar berisi 15 mata kuliah paling keren yang sedang hip di Negeri Paman Sam tersebut :

1. The American Vacation (University of Iowa)

Di kelas ini, mahasiswa diajak mengeksplorasi bagaimana pengalaman liburan para keluarga di AS. Para peserta kelas ini akan menyelami seluk beluk liburan hingga ke level mikrokosmik dengan diskusi mengenai sejarah sosial liburan, perbedaan kultural tentang pola liburan pada tiap masa, serta pola liburan berdasarkan ras, kelas masyarakat, dan gender.

2. The Art of Walking (Centre College in Danville, Kentucky)


Mata kuliah filsafat biasanya membuat kening kita berkerut. Tapi tidak di kampus ini. Dosen pada program studi Modern Language di Centre College Ken Keffer memiliki pendekatan unik dalam mengajarkan filsafat.


Kelas The Art of Walking yang diampu Keffer mengajak mahasiswanya berjalan kaki di tengah alam bebas. Keffer ingin memberikan pengalaman berkomunikasi dan mempelajari filosofi-filosofi sederhana dengan menemukan cara-cara baru dalam melihat keberadaan diri sendiri di tengah alam.

3. Philosophy and Star Trek (Georgetown University)

Para dosen kampus ini berpendapat, Star Trek sangatlah filosofis. Tidak heran, mereka pun menjadikan serial layar lebar laris dari Hollywood ini sebagai latar belakang mata kuliah. Kelas Philosophy and Star Trek menggunakan pendekatan tidak biasa dalam diskusi tentang awal mula keberadaan manusia melalui budaya pop.

Mata kuliah ini adalah landasan bagi filsafat metafisika dan epistimologi. Diskusi-diskusi pada kelas ini berfokus pada pertanyaan besar dalam filsafat seperti, "Apakah perjalanan menjelajahi waktu mungkin dilakukan?" dan "Apakah realitas bisa berbeda secara radikal dari apa yang kita pikir?

Kelas ini mungkin akan menjadi alasan kita untuk menonton Star Trek berulang kali. Bagaimanapun, mata kuliah ini memang keren.

4. Daytime Serials: Family and Social Roles (The University of Wisconsin)

Kamu enggak perlu merasa 'bersalah' karena menonton opera sabun sepanjang hari. Departemen Kajian Wanita di kampus ini membuka mata kuliah yang mengajak mahasiswanya menyaksikan berbagai sinetron, yang kemudian diikuti dengan diskusi.

Para mahasiswa di kelas ini akan diminta menguraikan bagaimana sinetron-sinetron tadi mempengaruhi isu gender di masyarakat dewasa ini. Tidak hanya itu, jika mengikuti kelas ini, kamu akan menganalisa tema dan karakter yang menjadi populasi sinetron di televisi. Kamu juga akan menginvestigasi pengaruh sosial karakter tiap gender terhadap keluarga dan dunia kerja mereka.

5. Topics in Comparative Media: American Pro Wrestling (Massachusetts Institute of Technology)

Departemen Kajian Perbandingan Media di MIT mengajak mahasiswanya mempelajari dunia gulat AS. Mata kuliah ini memungkinkan mahasiswa mengeksplorasi sejarah budaya dan peliputan media tentang olahraga tersebut. Para mahasiswa juga meneliti kronologi perubahan karakter dan penampilan para atlet gulat profesional sejak dipengaruhi bisnis.

6. White-Collar and Corporate Crime (University of California)

Selain para narapidana, civitas academica di departemen Ekologi Budaya University of Carolina adalah pakar dalam bidang kejahatan kerah putih. Salah satu mata kuliah mereka, White-Collar and Corporate Crime, membedah motif para tersangka sambil mempelajari aktivitas kriminal di antara beragam profesi, organisasi, dan bisnis kelas atas. Di kelas ini, kamu akan diajak membedah kasus mafia-mafia ternama sepanjang sejarah.

7. Airline Emergency Cabin Training (Lynn University)

Kelas berbobot tiga SKS ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami dasar-dasar penanganan darurat di maskapai penerbangan. Peserta kelas ini diharuskan menyelesaikan praktik selama 15 jam. Setelah menyelesaikan kuliah ini, diharapkan para mahasiswanya dapat menguasai apa saja yang menjadi keadaan darurat dalam penerbangan, sekaligus menangani situasi tersebut.

8. The Joy of Garbage (Santa Clara University)

Departemen Kajian Lingkungan di Santa Clara University berbagi kecintaan terhadap sampah melalui mata kuliah ini. Kelas The Joy of Garbage menelusuri jalur kehidupan sampah mulai dari dijual, dibakar, membusuk, dikubur, didaur ulang, atau digunakan kembali melalui kacamata ilmiah. Peserta kelas ini harus siap berkotor-kotor pada kunjungan lapangan ke beberapa tempat sampah.

9. Biology of AIDS and STD's (Northeastern College)

Bisa dibilang, mata kuliah ini adalah yang paling menjijikkan dari semua mata kuliah yang pernah ada. Perutmu harus siap menahan mual jika ingin mengikuti kelas ini. Sebab, mata kuliah ini menggunakan pendekatan ilmiah biologis pada beragam penyakit menular seksual tersebut.

Dengan begitu, para peserta kelas dapat memahami kompleksitas dalam mencari obatnya. Di kelas ini, para mahasiswa akan menelusuri akar penyakit, cara penyebaran, hingga bagaimana mereka menghancurkan sistem imunitas tubuh.

10. Disney in America (University of Iowa)

Siapa sangka, Mickey Mouse dapat mengajarkan sesuatu pada kita. Pada kelas Disney in America, mahasiswa Iowa State University diajak mencari tahu bagaimana perusahaan Walt Disney mempengaruhi ideologi budaya di Amerika.

Kelas ini akan mengupas habis bagaimana kiprah korporasi tersebut sejak 1920 hingga masa kini. Mata kuliah ini bahkan mengekspos kontribusi Hollywood pada momen penting dalam sejarah Amerika, seperti resesi ekonomi (great depression), perang dunia II, serta melonjaknya jumlah gelandangan dan pengemis pada 1950-an.

11. Rock Music from 1970 to Present (University of Minnesota-Twin Cities)

Mata kuliah ini adalah impian semua pecinta musik rock. Mahasiswa kelas ini akan mengupas habis sejarah masa keemasan musik rock hingga perkembangannya dewasa ini, termasuk tentang klip video dan gaya rambut para rocker tersebut. Meski kamu enggak akan mempelajari trik keren dalam memainkan musik rock, pengetahuan yang kamu dapat dari kelas ini bisa menjadi amunisi ketika kamu terlibat dalam percakapan.

12. Learning from YouTube (Pitzer College)

Saat ini, banyak artis sukses memulai ketenarannya karena postingan di YouTube. Nah, semua seluk beluk YouTube dapat kamu pelajari pada mata kuliah ini. Asyiknya lagi, selama kuliah berlangsung, kita bebas online tanpa harus dimarahi dosen. Mata kuliah ini pun mendapat perhatian dari masyarakat luas.

13. Psychology of Facebook (Stanford University)

Pengaruh media jejaring sosial online sangat besar dalam masyarakat. Fenomena ini pun mendorong Stanford University membuka kelas The Psychology of Facebook untuk mempelajari bagaimana Facebook sebagai media jejaring sosial 'membujuk' masyarakat.

Lucunya, silabus dan deskripsi tentang mata kuliah ini dapat kamu temukan dalam grup Facebook. Jadi, kamu masih bisa belajar meski tidak tercatat sebagai mahasiswa Stanford.

14. Underwater Basket Weaving (Reed College)

Di kampus ini, mahasiswa diajak mempelajari proses pembuatan keranjang rotan. Mata kuliah unik ini akan mengajarimu proses tersebut dari awal hingga akhir, dimulai dengan merendam rotan dan batang tanaman di dalam air hingga terbenam seluruhnya.

15. Tree Climbing (Cornell University)

Kenangan masa kanak-kanakmu tentang memanjat pohon seakan dibangkitkan kembali pada mata kuliah ini. Ruang kelas yang digunakan adalah beragam pohon di berbagai lokasi. Kamu juga akan menggunakan banyak peralatan untuk membantumu memanjat pohon hingga pucuk tertingginya. Seru, ya?


Sumber:
To Be Continued

17 Evolusi Logo Merek Terkenal Dunia


Dibawah ini adalah 17 logo dari merk top dunia, sebuah perusahaan besar pastilah memiliki sejarah yang panjang, jadi tak ada salahnya kita tau dari sejarah mereka.
1. Apple



2. Shell



3. XEROX



4. BMW





5. IBM



6. Peugeot



7. Volkswagen

8. NIKE



9. Pepsi
 


10. Envato



11. Mastercard



12. Nokia


13. Google


15. Mozilla Firefox


16. Mercedes Benz



17. Alfa Romeo


Sumber:
To Be Continued

Masashi Kishimoto, Dibalik Kesuksesan Naruto


kishimoto-and-naruto.jpg (528×386)

Biodata singkat Kishimoto-sensei:

Nama : Masashi Kishimoto
Tempat / Tanggal Lahir : Nagi, Okayama / 8 November 1974
Tempat Tinggal : Prefektur Okayama
Saudara : Seishi Kishimoto (36 tahun, adik kembar)
Tinggi / Berat : 170 cm / 57 kg
Karya :
Manga:
Karakuri one-shot (1996, Hop Step Award winner,dipublikasikan di Hop Step Award Selection 18 (’95~’96) (1996), Akamaru Jump Winter (1997), dan Naruto: The Official Premium Fanbook (2009))
Naruto pilot (1997, dipublikasikan di Akamaru Jump Summer (1997) dan Naruto: The Official Fanbook (2002))
Karakuri (April 1998 – May 1998, dimuat di Weekly Sh?nen Jump)
Naruto (November 1999 – ongoing, dimuat di Weekly Sh?nen Jump)
Bench one-shot (October 2010, dipublikasikan di Weekly Sh?nen Jump)
Buku:
Naruto: First Official Data Book
Naruto: The Official Fanbook
The Art of Naruto: Uzumaki
Naruto: Second Official Data Book Ofisharu D?ta Book (In Japanese)
Paint Jump: Art of Naruto
Naruto: Third Official Data Book
The Art of Naruto: Naruto
Naruto: The Official Premium Fanbook
Lain-lain :
* Tekken 6 (2009, Desainer karakter)

Bakat Menggambar Kishimoto

Waktu beranjak SD, Masashi Kishimoto sangat suka menggambar. Selama sekolah ia mencoret buku catatannya dengan gambarannya, bahkan ia tetap menggambar saat ia sedang bermain petak umpet dengan teman-temannya sambil menunggu ditangkap. Anime favorit Kishimoto-sensei adalah Doraemon, sampai suatu hari ia melihat Mobile Suit Gundam, semua yang ia gambar adalah karakter dari anime tersebut.
Setelah tergila-gila menggambar Mobile Suit Gundam, muncul anime baru, yaitu manga terkenal dari Akira Toriyama-sensei: Dr. Slump. Masashi Kishimoto bercerita tentang betapa ia tidak percaya, bagaimana bisa gambar Dr. Slump sangat bagus dan ia mulai menggambar karakter-karakter anime itu. Ia bahkan sampai ikut serta dalam lomba menggambar Arale-chan menggunakan crayon.
Menjelang kelulusan SD, Kishimoto sangat tergila-gila pada Dragon Ball, manga paling terkenal dari Akira Toriyama-sensei. Kishimoto-sensei sempat benyatakan betapa ia sangat terobsesi pada Toriyama-sensei, “Beliau bagaikan dewa bagiku, aku selalu menggambar tiap karakter yang bermunculan dalam Dragon Ball.” Dan akhirnya Masashi Kishimoto membuat keputusan yang tidak akan ia sesali. Ia mulai dengan berpikir “Manga itu luar biasa” dan ia ingin menjadi mangaka populer seperti Akira Toriyama. Kishimoto membuat karya pertamanya yang berjudul “Hiatari-kun”, tentang seorang remaja ninja.
Ketika menginjak SMP, Kishimoto memfokuskan diri pada hal lain selain menggambar. Baseball mengambil bagian penting pada saat itu. Menggambarpun hampir tidak ia lakukan lagi karena tidak ada waktu. Namun pada suatu hari ia melihat poster yang menurutnya sangat bagus. Gambar itu ternyata adalah “Akira” karya Katsuhiro Ootomo.
Kishimoto mulai menggambar “Akira”, dan gaya gambarnya berubah banyak. Tapi, betapa banyakpun ia mencoba meniru, ia tidak bisa. Mustahil untuk ditiru. Efek, desain, dan setiap detil gambar tersebut amat berbeda dari mangaka lain. Akhirnya Kishimoto-sensei menyadari, karya yang hebat adalah karya original, dan meniru gambar orang lain tidak berguna.
Kishimoto mencoba menggambar dengan cirinya sendiri, tetapi ia tetap tidak bisa. Ia pun akhirnya menyerah dan mengahabiskan sepanjang masa SMPnya untuk meniru gambar Ootomo-sensei.

Prestasi Buruk di Sekolah


Karena ia menghabiskan waktunya untuk mencari jawaban tersebut, Kishimoto lulus SMA dengan peringkat 38 dari 39 siswa. Keaaan menjadi serba salah. Tidak pandai menggambar komik, juga tidak pintar di sekolah, lalu akan jadi apa ia nanti? Masashi Kishimoto tidak menyerah dan berusaha lebih keras untuk menjadi mangaka Jump. Jika sekarang Kishimoto mengingat kembali semuanya, Ia tidak banyak berpikir, “Yah, semua akan berhasil! Syukurlah karena aku bodoh!”

Sekarang Masashi Kishimoto berhasil meraih impiannya menjadi Mangaka Jump yang terkenal, komiknya tentang ninja yaitu Naruto menjadi salah satu yang paling populer dan paling diminati di berbagai penjuru dunia. Semua yang usaha yang dilakukannya membuahkan hasil. Masashi Kishimoto menjadi contoh dan inspirasi yang nyata, dan akan menjadi salah satu yang terhebat sepanjang sejarah.
sumber 1 & 2
To Be Continued

06 July 2012

Biodata Eiichiro Oda

oda2.jpg (594×381)

Aku punya informasi sedikit nih tentang Eichiro Oda, tau kan mangaka One Piece yang terkenal itu. Ini ada sedikit perjalanan karir dia,setelah baca ini barangkali aja ada temen-temen semakin bersemangat untuk jadi mangaka. Di mulai dari Biodatanya dulu ya.
Biodata
·      Nama : Eiichiro Oda
·      Panggilan : Odacchi, Eicchan
·      Lahir : Kumamoto, 1 Januari 1975
·      Gol. Darah : A
·      Tinggi : 172 cm
·      Hobi : Main lego, bikin sketsa, memancing, nonton film
·      Anime Favorite : Nausica [menurutnya karya Miyazaki ini penuh emosi dan sangat menyentuh], Bike The Little Viking
·      Manga Favorite : Dragon Ball, Akazukin Chacha, Gag Manga Biyori
·      Mangaka Favorite : Akira Toriyama
·      Film Favorite : Seven Warriors, Young Guns, Nightmare Before Christmas
·      Acara TV Favorite : Acara-acara komedi
·      Sutradara Favorite : Akira Kurosawa, Hayao Miyazaki, Tim Burton, Quentin Tarantino, Baz Luhrmann
·      Artis Favorite : Bryan Adams, Eminem, Izumi Katou, Brooke Benton
·      Musik Favprite : Musik Soul
·      Makanan Favorite : Daging, Keju yang dilelehkan
·      Minuman Favorite : Kopi

Dilahirkan tepat pada 1 Januari 1975 di Kumamoto, Odacchi sejak kecil sudah tertarik pada dunia gambar. Saat berusia 4 tahun, ia sudah menetapkan cita-citanya menjadi seorang mangaka karena menurutnya dengan begitu ia tidak perlu pergi ke kantor layaknya orang dewasa yang bekerja. Di waktu kecil, Odacchi mempunyai kehidupan yang relatif sama dengan anak-anak Jepang seusianya. Ia suka berburu serangga, membaca komik, dan bermain olahraga [terutama sepak bola]. Cuma ia tidak suka matematika [tapi sangat menyukai pelajaran kesenian] dan kecoa [sebenarnya benci laba-laba juga, tapi itu tidak masalah karena laba-laba memakan kecoa].

Ketika duduk di bangku SMP, Odacchi sangat bangga karena gambar karyanya berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan sketsa.

Seperti diketahui, Odacchi telah memutuskan untuk menjadi seorang mangaka [walau alasannya di saat itu sangat tidak masuk akal], tapi ia sangat setia pada cita-citanya. Bahkan ketika ditanya apakah ia mempunyai cita-cita yang lain, Odacchi dengan tersenyum hanya menjawab bahwa ia belum pernah memikirkannya. Tidak bisa diungkiri bahwa minat Odacchi memang terfokus pada gambar, hal ini terlihat dari kenyatan bahwa menggambar adalah pelajaran kesukaaannya.


Usia 17
Saat itu Odacchi mulai berpikir untuk membuat manga sendiri. Pada tahun 1992, akhirnya Odacchi berhasil meraih gelar Silver Honors [Junn-Nyuusen] dalam ajang Tezuka Awards 44 melalui karyanya, Wanted!. Sebagai informasi saja, Tezuka Award adalah penghargaan yang cukup bergengsi. Disana para rencai bakat didampingi oleh para staff editor Jump [bulanan atau mingguan] berusaha mencari bintang-bintang baru berbakat. Pada penghargaan inilah, beberapa mangaka terkenal seperti Yoshihiro Togashi, Hiroyuki Takei, Daisuke Higuchi, Takeshi Obata, Masanori Morita, Ryu Fujisaki, dan Masakazu Katsura memulai debut mereka.

Ada kejadian unik dibalik pembuatan Wanted!, yaitu 3 hari sebelum deadline penyerahan naskah, Odacchi mengalami kecelakaan mobil! Yang konyol, dalam perjalanan ke rumah sakit, hal pertama yang terpikir olehnya adalah bahwa hari itu ia harus mengembalikan kaset video yang dipinjamnya^^; Dokter memutuskan bahwa Odacchi harus diopname 1 hari. Dan selama di rumah sakit itulah ia berjuang mati-matian menyelesaikan Wanted! yang berlatar belakang dunia western. Dalam karya ini, Odacchi menggunakan pen name Getsuk ka Sui Moku Kin Do [Moon Fire Water Wood Gold Earth], yang bisa juga dibaca Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu. [Di jepang, kata Bulan Api Air Kayu Emas dan Tanah dipergunakan sebagai nama hari]. Setahun kemudian, karya pertamanya sebagai mangaka profesional berjudul Kami Kara Mirai No Present [Hadiah Dari Masa Depan Pemberian Sang Dewa] yang dimuat di majalah Jump Original edisi Oktober 1993. Menurut Odacchi, karyanya ini terwujud karena sudah lama ia ingin membuat manga dengan tema takdir dan menggambar adegan kehancuran. Namun ditekankannya lagi bawa itu bukan berarti dia ingin menghancurkan dirinya sendiri, walau ia mengaku menyesal karena harus meninggalkan pekerjaan part-time nya. Pada tahun yang sama, Odacchi juga meraih Gold Honors dalam ajang Hoop Step Award [kontes pencarian bakat yang diadakan Weekly Jump setiap bulan -- kini namanya berubah menjadi Tenkai Icchi Manga Awards] untuk karyanya yang berjudul Ikki Yako [Perjalanan Malam Seorang Setan].


Usia 19
Odacchi mulai menerima surat dari fans, suatu hal yang membuatnya sangat senang. Di tahun ini juga ia meninggalkan kuliahnya di jurusan Arsitektur, tapi hal ini bukan masalah baginya, apalagi karena ia merasa bahwa ia akan mendapatkan masalah pada waktu ujian. Ia lalu berangkat ke Tokyo dimana ia mulai bekerja sebagai asisten dari 3 orang mangaka senior, yaitu Kaitani Shinobu [Midoriyama Police Gank], Masaya Tokuhiro [Jungle No Ouja Tar-chan, Mizu NO Tomodachi Kapparman], dan Watsuki Nobuhiro [Rurouni Kenshin]. Dari mereka Odacchi belajar banyak hal seperti pentingnya kekontrasan ketebalan garis, dan teknik-teknik yang menarik dalam permainan efek di dalam karyanya. Selama Bekerja sebagai asisten Watsuki-sensei, Odacchi bertemu dengan 3 asisten lain yang kemudian menjadi sahabat karibnya, yaitu Takei Hiroyuki [Shaman King], Ginga Shin [meninggal pada Agustus 2008, salah satu karyanya adalah Shounen Tantei Q], dan Mikio Itou [Normandy Himitsu Kurabu]. Mereka berempat dijuluki Watsuki-gumi [Geng Watsuki]. Bahkan di One Piece volume 13 muncul foto Odacchi bersama Takei-sensei saat sedang melancong bersama. Selama masa menjadi asisten ini Odacchi mengeluarkan 2 buah karya, yaitu Monsters [dimuat di Akamaru Jump edisi spesial musim gugur 1994] dan versi pertama dari Romance Dawn yang merupakan prototype dari One Piece [dimuat di Akamaru Jump edisi spesial musim panas 1996]. Beberapa bulan kemudian akhirnya dia berhasil menembus Weekly Jump dengan Romance Dawn versi kedua yang muncul di edisi 41 tahun 1996. Inilah awal dari One Piece yang pertama kali muncul di Weekly Shounen Jump volume 34 tahun 1997. Dari sini, nama Romance Dawn diubah menjadi One Piece. Sedangkan untuk versi ke 3 dari Romance Dawn muncul di buku One Piece RED : Grand Characters.


Idola dan Insripasinya
Odacchi adalah fans berat Akira Toriyama. Baginya, Toriyama-sensei bukan sekedar mangaka, namun seorang DEWA! Odacchi pertama kali mengenal karya Toriyama-sensei lewat Dragon Ball, dan salah satu karatket yang paling disukainya adalah Rantan. Ia sangat suka dengan penggambaran otot pada Dragon Ball [walau Toriyama-sensei sendiri sadar bahwa penggambarannya jauh dari realita, tapi itu idak masalah bagi Odacchi]. Odacchi juga menyukai penggambaran mecha yang sering muncul dalam karya Toriyama-sensei. Mungkin juga gara-gara inilah Odacchi jadi mempunyai minat pada robot.

Sebenarnya Odacchi sendiri juga menggemari karya-karya Disney, namun baginya Toriyama-sensei adalah yang terbaik. Pengaruh karakter Disney ditampilkan Odacchi lewat karakter monster laut yang mengakibatkan Shanks kehilangan sebelah sebelah lengannya. Kalau diperhatikan, bukankah karakter itu mirip dengan monster belut yang muncul di Little Mermaid? Menurut Odacchi, Dragon Ball adalah anime-manga yang telah mencakup keseluruhan hal yang dapat membuat seorang anak begitu gembira. karena itulah ia mengambil unsur dasar karya itu saat menciptakan One Piece.

Tapi selain karya-karya Toriyama-sensei, karya lain seperti Kinnikuman atau Hokuto No Ken juga menjadi favoritnya. Yang pasti ia menyukai judul-judul yang sangat akrab dengan semangat seorang laki-laki [dan sepertinya semangat ini yang juga ingin ia sampaikan dalam arya-karyanya]. Selain itu, sebuah animasi di jaman ia kecil berjudul Bike The Little Viking juga menorehkan sebuah kesan mendalam bagi Odacchi. Kehidupan para Viking yang akrab dengan kehidupan para bajak laut menginspirasi Odacchi selama bertahun-tahun. Bahkan hingga kini, Odacchi selalu mengkoleksi mainan Lego dengan tema bajak laut. Tapi bila ditanya tentang bajak laut idolanya, Odacchi pasti akan menjawab bahwa orang itu adalah Edward Teach. Melihat kondisi itu tidaklah heran bahwa dalam One Piece, Teach ia munculkan kembali dengan menambahkan inisial D di tengah namanya, yaitu Marshall D.Teach, sang Kurohige. Dalam One Piece, mereka yang memiliki inisial D di dalam namanya adalah karakter yang sangat penting.


Tentang One Piece
Berbicara tentang One Piece, terntana penamaan "One Piece" adalah sebuah rahasia kecil milik Odacchi. Sayangnya karena terlalu rahasia, ia tidak mau menceritakan kepada kita. Dalam One Piece sendiri, Gaimon [inget kan? itu loh, kakek tua pendek yang badan na 'masuk' ke dalem benda sejenis peti harta karun] adalah tokoh yang paling berkesan bagi Odacchi. Hal ini terjadi karena Odacchi sendiri bingung dari manaide gila itu berasal. Dalam mendesain karakter-karakter One Piece sendiri Odacchi punya sebuah trik untuk membangun karakter yang tepat sifatnya, yaitu dengan bertanaya kepada dirinya pada saat
ia menggambar karakter tersebut. "Apa yang dikatakan oleh karakter ini?". Kata-kata awal inilah yang akan membantu Odacchi membangun karakternya. Selain itu, dia juga sadar bahwa ia harus selalu menempatkan dirinya di posisi pembaca untuk encari tahu cerita seperti apakan yang harus ia buat, yaitu ceriya yang disukai pembaca.

Tantang pengembangan One Piece sendiri, Odacchi berkata bahwa dia tidak akan pernah memberikan kemampuan kepada Luffy dkk untuk terbang bebas mengarungi angkasa, sebab hal ini akan mengurangi keindahan berpetualang melalui jalur laui itu sendiri. Untuk TOTAL KRU yang dimiliki Luffy sendiri, Odacchi berpikir bahwa 10 adalah angka yang paling tepat. Tapi hingga kini, ia masih belum benar-benar menentukan.

Jika bisa memilih satu buah iblis, Odacchi akan memilih buah Bara-bara (seperti buah yang dimakan Buggy). Dan ketika ditanya tentang apa yang akan ia gunakan bila ia memiliki mesin waktu, dengan sigap Odacchi akan menjawab bahwa ia harus mengunjungi para dinosaurus, samurai, dan para robot. Bicara tentang robot, Odacchi mengatakan bahwa ia ingin sekali membuat sebuah cerita bertemakan robot. Menarik juga...

Bila melihat cover depan dari setiap chapter One Piece, dengan sangat mudah kita akan menemukan bahwa Odacchi seringkali memasukan gambar binatang ke dalam cover tersebut. Dari situ kita dapat mengetahui bahwa Odacchi menyukai binatang. Tapi ketika ditanya binatang apakah yang ingin ia pelihara, ia memilih burung unta. Unik sekali, bukan?

Bila ditanya tentang yang paling disukai Odacchi dari kehidupannya, adalah pada saat ia mampu membuat manga yang sangat menarik [dan itu adalah obat pelepas stress yang terbaik yang ia sarankan]. Dan pada saat menerima surat dari pembaca berisikan ucapan terima kasih.


Penutup
Menurut para asistennya, Odacchi mempunyai sebuah kebiasaan buruk, yaitu ia suka menjulurkan lidahnya saat berkonsentrasi. Di sisi lain, ketika ditanya tentang syarat untuk menjadi asistennya, Odacchi dengan santai menjawab "Keberuntungan yang Besar".

Ketika diminta untuk menyebutkan sebuah kata yang mewakili dirinya, Odacchi memilih kata Wonderfull. Dan dalam 30 tahun ke depan, dia ingin menjadi apa? "Sesuatu yang mengagumkan". Sesuatu yang mengagumkan itulah kata yang paling tepat untuk mewakili mangaka ini.


Sumber (sedikit diubah)
To Be Continued

04 July 2012

Ide Ide Go Green Paling Unik

Pub Disco Mendapatkan Listrik yang dihasilkan oleh orang-orang yg menari di lantai dansa

Semua lampu yg berkedip dan speaker yg berdebar kencang di klub dansa membutuhkan konsumsi listrik yg sangat besar.Sebuah Bar di London,mempunyai ide unik untuk menghasilkan listrik dengan cara lantainya dilengkapi dengan mata air yang ketika dipijak oleh penari,bisa menghasilkan arus listrik yang akan disimpan dalam baterai dan digunakan untuk mengimbangi beban listrik beberapa klub. Pemilik klub, Andrew Charalambous, mengatakan lantai dansa miliknya sekarang dapat daya 60 persen dari ide uniknya tersebut.


Hotel yang menawarkan makanan gratis yang menghasilkan listrik


Crown Plaza Hotel di Kopenhagen, Denmark, menawarkan makanan gratis untuk setiap tamu yang mampu menghasilkan listrik untuk hotel melalui sepeda yg melekat pada generator. Para tamu harus memproduksi watt setidaknya 10 tenaga listrik - atau sekitar 15 menit bersepeda,Mereka kemudian akan diberikan voucher makan senilai $ 36.



Menawarkan Diskon untuk pelanggan yang mau menggunakan sepeda
 
Sebuah rumah bordil di Berlin datang dengan cara yang inovatif untuk menarik pelanggan selama krisis ekonomi, dengan melakukan sesuatu untuk membantu menghindari perubahan iklim pada waktu yang sama. Mereka menawarkan diskon untuk pelanggan yang tiba dengan menggunakan sepeda. Menurut Thomas Goetz, pemilik rumah bordil 'Maison d'envie' ,pelanggan yang tiba dengan bersepeda atau yang dengan menggunakan transportasi umum mendapatkan € 5 (£ 4,30) diskon dari € 70 biasa (£ 60) Biaya selama 45 menit persesi


Perusahaan menciptakan printer desktop yang tidak menggunakan tinta atau kertas
 
Siapa bilang printer hanya menggunakan kertas untuk mencetak dokumen? Berbeda dengan printer konvensional, PrePeat mengadopsi kepala termal untuk mencetak pada lembaran plastik khusus buatan.PrePeat juga diklaim oleh produsen,setiap satu lembar kertas dapat digunakan sampai 1000 kali sehingga Anda akan mengurangi pengeluaran penggunaan kertas.


Universitas dengan konstruksi atap hijau sebagai tempat berkumpul para mahasiswanya
 
Green desain merupakan tren yang sangat populer di arsitektur modern,Sekolah Seni, Desain dan Media di Nanyang Technological University di Singapura.Memiliki atap yg berfungsi sebagai ruang pertemuan informal dengan ide linier,Atap ini menciptakan ruang terbuka, melindungi bangunan, mendinginkan udara sekitarnya dan menampung air hujan untuk irigasi lansekap.


Desainer menciptakan wastafel yang menggunakan air yang terbuang untuk menyiram tanaman
 
Wastafel yg dibuat oleh desainer muda asal Montreal Jean-Michel Gauvreau ini terbuat dari beton,yang memiliki saluran yang memungkinkan air yang digunakan saat mencuci tangan Anda dapat mengalir langsung ke tanaman.Sehingga setiap air yg terbuang tidak mubazir karena dapat digunakan untuk menyiram tanaman yg berada disebelahnya.


Alat mandi yg dapat menghemat air secara otomatis
 
20% dari total penggunaan energi domestik kita adalah dari air panas untuk mandi dan mandi.Dengan lebih dari 6 kali penggunaan energi pencahayaan domestik, desainer Tommaso Colia datang dengan desain alat mandi yang ramah lingkungan,alat mandi ini telah dirancsang untuk mengeluarkan air secara terbatas,maka apabila anda menghabiskan waktu untuk mandi terlalu lama,maka alat ini akan berhenti mengeluarkan air secara otomatis.


Desainer menciptakan lampu yg berfungsi mengajarkan anak kecil bagaimana cara menghemat energi
  
Pentingnya pengajaran konservasi energi adalah tujuan dari desain Tim Holley.Lampu yg berbentuk seperti hantu ini memberikan visualisasi kepada anak-anak tentang berapa banyak energi yg telah digunakan dengan meninggalkan lampu menyala terlalu lama,ketika pertama kali dinyalakan lampu ini akan berwarna hijau dan tersenyum, Jika lampu dibiarkan selama lebih dari empat jam,ia akan berubah warna menjadi kuning dan terlihat terkejut,dan jika Anda berani untuk meninggalkan lampu ini selama lebih dari delapan jam,lampu akan berubah menjadi warna merah mengamuk,lengkap dengan mulut frowny dan mata marah.


Perusahaan menciptakan staples untuk mengurangi polusi staples 
 
Staples seharusnya begitu buruk terhadap lingkungan sehingga perusahaan memutuskan untuk membuat sebuah stapler pokok-bebas. Produk ini menjanjikan untuk membuat kolasi ramah lingkungan. Alih-alih menggunakan logam planet yang tipis,stapler pokok-bebas "memotong potongan kecil kertas dan menggunakan strip untuk menjahit sampai dengan lima potongan kertas bersama-sama."


Designer menciptakan charger iPhone yg diaktifkan oleh genggaman tangan
 
Sebuah ide yang memberikan anda latihan tangan dengan cara mengisi baterai iPhone Anda dengan genggaman tangan! Konsep ide ini dirancang oleh Mac Funamizu


To Be Continued