05 March 2012

One Piece Faq



Q : Siapakah Pengarang One Piece 
A : The Genius, Master Eiichiro Oda-Sensei

Q : Apa sih One Piece itu?
A : Orang-orang mengklaim One Piece sebagai “harta karun terbesar bajak laut” tetapi sesungguhnya belum ada secuil pun informasi ttg apa itu One Piece.

Q : Apa itu “Will of D”?
A : Dalam dunia OP ada sejumlah orang yang memiliki inisial “D” pada namanya. Saat ini diketahui ada 8 orang berinisial D yaitu :

- Monkey D. Garp
- Monkey D. Dragon
- Monkey D. Luffy
- Jaguar D. Saul
- Marshall D. Teach
- Portgas D Ace
- Portgas D. Rogue
- Gol D. Roger 

Orang2 berinisial D ini sering dihubungkan dengan “Will of D” atau “Hasrat dari D” tetapi sampai saat ni belum ada penjelasan pasti atas “Will of D” ataupun kepanjangan dari “D” itu sendiri. Teori yang populer adalah orang2 berinisial D tersebut aslinya berasal dari satu klan/keluarga besar.

Q : Berapa bounty(harga buruan) Roger, Whitebeard, Mihawk, Dragon, Kaidou, Shanks, Ace, Rayleigh, dan Big Mom?
A : Bounty mereka belum diberitahu di manga hingga sekarang. Kalau pun ada bounty poster mereka di internet, itu adalah fake/fanmade semata.

Q : Berapa bounty Teach alias Blackbeard?
A : Saat Moria bertanya pada Kuma tentang berapa bounty Teach, jawabannya adalah "zero"/ "nol". Kesimpulannya, Teach belum mendapatkan bounty.
Q : Siluet raksasa misterius yg muncul dari balik kabut pas Luffy dkk mennggalkan TB itu apa sih? 
A : Masih misterius, belum ada penjelasan dari Oda.

Q : Apa itu “Harta Karun Kapten John”?
A : Harta karun kapten John adalah harta karun peninggalan bajak laut legendaris kapten John yg saat ini sedang diincar oleh Buggy. Buggy mengawali perburuannya di chapter 233, di sebuah pulau di Grand Line tetapi berakhir dgn kegagalan(karena peta harta karunnya palsu)

Belakangan, peta harta karun yang asli diketahui berbentuk gelang/armband yg dipakai Luffy yg didapatnya dari Thriller Bark. Gelang itu akhirnya diberikan ke Buggy dgn sukarela supaya dia mau membantunya menolong Ace.

Setelah perang di Marineford usai, Buggy kembali pada krunya dan menunjukkan gelang tersebut ke Alvida.
Kemungkinan setelah ini Buggy masih akan melanjutkan pencarian harta karun kapten John...

Kapten John sendiri muncul sekilas di Thriller Bark sebagai jenderal zombie milik Moria. 

Perlu diperhatikan : harta karun yang dicuri oleh Nami di Thriller Bark bukanlah harta karun Kapten John. itu semua adalah harta karun yg dirampas dari bajak laut2 yg menjadi korban Moria.

Q : Saat Robin membaca poneglyph di skypiea, di situ juga ada tulisan Gold Roger, kan? Memangnya Roger bisa bahasa Poneglyph?
A : Di chapter 507 dijelaskan oleh Rayleigh bahwa Roger sesungguhnya tidak memiliki kemampuan memahami dan menerjemahkan poneglyph. Dia hanya memiliki, “The Power to hear the voice of things”(atau “kekuatan utk mendengar suara dunia” menurut terjemahan elexmedia).

Belum diketahui kekuatan macam apa itu. Yg jelas, dgn kekuatan tersebut, Roger jadi bisa menulis dalam bahasa poneglyph. Dan pada puncaknya, ia berhasil menemukan sejarah dunia. 

Q : Kenapa pedang Zoro yg “Yubashiri”bisa patah? 
A : Saat pertempuran di atas Jembatan Keraguan, Enies Lobby, Zoro menghadapi marinir yg memiliki Buah iblis “karat” yaitu kemampuan utk mengkaratkan segala macam logam dgn instan. Marinir tersebut berhasil mengkaratkan Yubashiri dan membuatnya patah berkeping2.


Q : Bagaimana nasib Moria setelah dikeroyok Doflamingo dan Pacifista? 
A : Menurut kata Doflamingo di chapter 595, Moria menghilang –hilang dalam artian “lenyap di tempat”-- begitu saja saat hendak dihabisi dan keberadaannya belum diketahui hingga kini. 

Q : Petir yg menyambar tempat ekseskusi Luffy di Logue Town itu gara2 kekuatan Dragon ya? 
A : Belum bisa dibuktikan meski ada kemungkinan begitu.

Q : Apa itu “chapter 0”? 
A : Chapter 0 menceritakan tentang dunia OP 20 tahun yg lalu yaitu masa di mana bajak laut Gold Roger masih berjaya hingga saat dia dieksekusi. Chapter 0 dibuat sebagai prolog dari Movie OP ke-10 berjudul “One Piece Film : Strong World” yg akan berpusat di tokoh villain bernama Kinjishi no Shiki. Shiki sendiri adalah bajak laut veteran yang pernah jadi rival terberat Roger saat 20 tahun yang lalu.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca sendiri chapternya ^^

Q : Apa itu "haki" ? 
A : haki adalah kekuatan tersembunyi yg ada pada tiap mahluk hidup. Kekuatan ini muncul dalam bentuk “Kehadiran”, “Semangat juang”, dan “intmidasi”. Namun sebagian besar manusia tidak menyadari kekuatan ini dan mungkin gagal mengeluarkannya hingga mereka mati.

Q : Apa itu "Vivre Card" ?
A : Vivre Card(disebut juga Kertas Kehidupan) adalah sebuah kertas ajaib yang dapat menunjukkan daya hidup pemiliknya. Kertas ini tidak akan rusak meski dibasahi atau dibakar sekali pun. Namun kertas ini akan terbakar sedikit demi sedikit jika sang pemilik kertas dalam keadaan sekarat. Dan akan hilang sepenuhnya jika sang pemilik meninggal dunia.

Selembar vivre card dapat dirobek menjadi 2 atau lebih dan robekannya punya sifat saling tarik menarik satu sama lain. Contohnya, si A merobek vivre cardnya dan memberikannya ke si B. Kemudian bila si B menaruhnya di telapak tangan, robekannya akan bergerak ke arah vivre card yg dipegang si A, begitu pula sebaliknya.

Konon Vivre Card hanya bisa dibuat di toko2 tertentu di New World dengan memakai kuku pemilik sebagai bahan utama kertas tsb.



Q : Kenapa setelah chapter 597, Oda ngambil libur 4 minggu? 
A : Seperti yg kita ketahui, pada chapter selanjutnya, yaitu 598, terjadi loncatan waktu/timeskip selama 2 tahun. Dalam rentang waktu sekian lama pasti banyak yg terjadi --salah satunya adalah penampilan SH yg baru  

Nah, kemungkinan besar Oda ngambil libur untuk mengumpulkan referensi dan ide cerita untuk plot setelah timeskip 

Q : Apa yang dimaksud “3 Kekuatan besar penyeimbang dunia” 
A : Istilah ini dibuat oleh Pemerintah Dunia, di mana 3 kekuatan besar itu adalah :

- Yonkou 
- Shichibukai
- Markas Besar Angkatan Laut

Menurut Pemerintah Dunia, 3 Kekuatan ini harus selalu dalam keadaan seimbang atau dunia bisa jatuh dalam kekacauan.

Q : Apa itu Yonkou?
A : Yonkou adalah julukan bagi 4 bajak laut terkuat yang menguasai paruh kedua laut Grand Line alias New World. Yonkou saat ini adalah :

- Edward Newgate alias “Shirohige”/Whitebeard
- Shanks si Rambut Merah
- Kaidou
- Big Mom

Namun Shirohige baru saja gugur dalam perang Marineford dan sampai saat ini belum ada penggantinya.

Q : Apa itu Shichibukai?
A : Shichibukai adalah julukan bagi 7 orang bajak laut kuat yang bekerja untuk Pemerintah Dunia. Karena bekerja untuk pemerintah, tugas shichibukai sama seperti marinir yaitu menangkap bajak laut. Bedanya, shichibukai tidak terikat atasan atau perintah, karena pada dasarnya mereka bajak laut yg biasa bertindak bebas. 

Kalangan bajak laut menyebut Shichibukai sebagai “Anjing Pemerintah”

Susunan Shichibukai pertama kali adalah :

- Sir Crcodile
- Juraquille Mihawk
- Jinbei
- Boa Hancock
- Gecko Moria
- Barthelemow Kuma
- Don Quixote Doflamingo

Selanjutnya, status shichibukai Crocodile dicabut karena berkhianat kepada WG dan digantikan denganMarshall D. Teach alias Blackbeard

Saat perang marineford, 2 shichibukai kembali berkhianat kepada WG yaitu Jinbei dan Blackbeard. Kemudian setelah perang, atasan memerintahkan Doflamingo dan Pacifista untuk membunuh Gecko Moria(alasannya belum diketahui) tetapi Moria berhasil melarikan diri.

Jadi Shichibukai yg tersisa sekarang tinggal Mihawk, Doflamingo, Boa Hancock, dan Kuma. Pemerintah sedang mencari 3 posisi yg lowong saat ini…

Q : Apa itu Markas Besar Angkatan Laut?
A : Mabes AL adalah markas berkedudukan tertinggi dalam Angkatan Laut. Orang2 berpangkat tertinggi di tubuh marinir seperti Fleet Admiral dan Admiral juga berdomisili di sini. 

Mabes AL berlokasi di pulau Marineford, tepatnya di Arus Tarai, yaitu arus yang mengalir mengikuti bentuk segitiga dan menghubungkan 3 tempat simbol Keadilan Absolut Pemerintah Dunia, yaitu : Enies Lobby, Impel Down, dan Mabes AL itu sendiri.

Q : Kenapa Edward Newgate dijuluki White Beard ? Padahal dia kan "kumisan" bukannya "brewokan"
A : Ini sebenarnya cuma masalah terjemahan.

Dalam skrip aslinya(bahasa jepang), julukan untuk Edward Newgate adalah “Shirohige”, dimana “shiro” berarti “putih” dan “hige” berarti "rambut di wajah". 

Nah, orang-orang di jepang biasa menggunakan kata "hige" untuk menyebut kumis, jenggot, brewok, dan rambut2 lain yang ada di muka. Dalam kasus “Shirohige”, tentu saja "hige" berarti ” kumis” karena doi emang cuma punya kumis.

Jadi, bila diterjemahkan ke bahasa inggris, harusnya menjadi “Whitestache” atau “White moustache”(stache = kumis). Namun translator inggris mengubah terjemahannya menjadi “Whitebeard”dengan beberapa pertimbangan yaitu :

- “Hige” bisa diterjemahkan menjadi beard(jenggot), jadi nggak melanggar tata bahasa
- Kata “Whitebeard” lebih mudah disebut dan lebih catchy
- Untuk menyelaraskan dengan nama tokoh Kurohige alias “Blackbeard” yang sudah muncul lebih dulu di manga. 
- “Blackbeard” sendiri adalah nama dari seorang bajak laut terkenal yang benar2 pernah hidup di dunia nyata sehingga pemakaian kata "Beard" akan menambah feel “bajak laut”

Dengan demikian, Nama Whitebeard selalu dipakai hingga sekarang.

Q : Gorosei butuh 3 shichibukai pengganti, memang siapa aja yg diganti?

A : Kemungkinan besar yg diganti adalah :
Jinbei -> karena dia memihak kubu Whitebeard saat perang MF
Blackbeard -> karena dia telah berkhianat kepada WG dengan membebaskan tahanan Impel Down
Moria -> karena pihak atasan memerintahkan Doflamingo utk membunuhnya tapi Moria sendiri berhasil melarikan diri

Q : Terus siapa aja yang jadi pengganti 3 shichibukai itu?
A : Belum dikasih tahu

Q : Gosipnya Buggy bakal jadi Shichibukai?
A : Itu baru teori. Soalnya belakangan dia dapat surat dari Pemerintah Dunia dan banyak fans berteori klo isi surat tsb adalah tawaran kepada Buggy utk jadi shichibukai.

Q : Sabo sudah mati kan? Kenapa banyak yang berpikir kalau dia masih hidup?
A : Ada beberapa alasan tapi teori yang paling populer adalah :

- Tidak ada tanda-tanda mayat Sabo setelah Ia ditembak Tenryuubito 
- Pada chapter 589 diceritakan kalau Dragon datang terlambat karena membawa seseorang yang terluka parah. Menurut prediksi, orang yg terluka parah itu adalah Sabo yg berhasil diselamatkan. 

Namun hingga sekarang belum ada tanda2 klo Sabo masih hidup…

Q : apa mksd dari "they" yg diucapkan zoro-luffy kepada Blackbeard di jaya island?
A : Isu ini belum dijelaskan lebih lanjut oleh Oda sampai sekarang. Beberapa teori bermunculan tapi teori yang paling ‘aman’ dan masuk akal adalah ‘they’ merujuk kepada Blackbeard DAN keempat orang krunya. 

Q : kenapa shanks dan buggy tidak mengejar One Piece, harusnya ex-roger crew kan tahu letaknya?
A : Hingga kini belum diketahui alasannya.

Q : Kenapa Whitebeard belum mendapatkan OP juga? Bukankah posisinya paling dekat dengan One Piece?
A : Karena Whitebeard ternyata sejak awal tidak punya niat untuk berburu One Piece. Mimpinya sebagai bajak laut adalah untuk mendapatkan “keluarga”.

Q : kelompok bajak laut mana yang memiliki kapal terbesar?
A : Kapal raksasa Thriller Bark milik shichibukai Gecko Moria disebut-sebut sebagai kapal terbesar bajak laut yang ada saat ini.

Q : kenapa luffy bisa bonyok kalo dihajar nami dan kesakitan di pukul garp?
A : Luffy bisa bonyok kalo ditonjok Nami itu kemungkinan besar hanya untuk comic relief saja, hanya utk lucu-lucuan.

Sedangkan Luffy bisa kesakitan ketika ditonjok Garp karena dia memakai haki tipe armament.

Q : kelompok bajak laut mana yang memiliki armada/kapal terbanyak?
A : Sejauh ini bajak laut Krieg diketahui memiliki armada bajak laut terbanyak yaitu total 50 kapal dan personel sebanyak 5000 orang.

Namun satu-satunya yg pernah di confirm Oda sebagai Bajak Laut yg memiliki kapal laut terbanyak adalah Gold Lion Shiki.

Sayangnya belum ada info pasti mengenai jumlah kapal Kinjishi no Shiki

Q : apakah satu kerajaan hanya menguasai satu pulau saja atau beberapa pulau? 
A : Tidak diketahui pasti. 

Namun Kerajaan besar seperti Goa Kingdom dan Arabasta Kingdom mungkin memiliki wilayah kekuasaan lebih dari satu pulau.

Q : terbuat dari apakah pedang smoker?
A : Bagian ujung senjata Smoker diketahui terbuat dari batu laut. Belum diketahui apakah bagian lainnya juga terbuat dari batu laut atau bukan

Q : kenapa bisa ada seaking di lepas pantai/laut sekitar pulau luffy?
A : Tidak dijelaskan lebih lanjut di manga. 

Mungkin saja itu adalah monster laut yg kabur dari Grand Line atau Calm Belt.

Q : Kenapa Jinbei dipenjara?
A : Jinbei menolak diadakannya perang dengan WB pirates dan dia mengamuk di Marineford sebagai bentuk protes. Atas tindakannya tersebut Jinbei dipenjara di Impel Down.

Q : kenapa di awal cerita luffy berada dalam tong/gentong?
A : Karena sebelumnya sekoci Luffy terjebak pusaran air, jadi supaya tidak tenggelam, Luffy memutuskan untuk bersembunyi di dalam tong.

Q : Bagaimana penduduk Amazon Lily memperoleh keturunan?
A : Penduduk Amazan Lily yang lebih tua pergi melancong ke luar pulau untuk menikah dan memperoleh keturunan. Anehnya, setiap anak yang dilahirkan oleh penduduk Kuja selalu bergender perempuan.

Q : Sudah berapa bulan berlalu sejak Luffy memulai petualangannya sampai sekarang?
A : Nggak ada yg tahu pasti. Yg jelas sejak Luffy meninggalkan Thriller Bark hingga Luffy membunyikan lonceng di MF 16 kali, sudah sekitar 2 bulan berlalu.

Related Post:

0 Komentar: